Alat-Alat yang Digunakan pada Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan, Yaitu?

Alat alat yang digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan yaitu? Awal kehidupan manusia purba di Indonesia ditandai dengan kegiatan berburu dan mengumpulkan pangan. Hewan perburuan yang dicari antara lain gajah, sapi jantan, badak, rusa dan kerbau liar. Selain itu, mereka juga mencari ikan dan kerang di laut.

Sebagian besar perberburuan dilakukan oleh kaum pria. Tugas wanita mengumpulkan makanan dan mengolah makanan dari sekitar tempatnya tinggal. Bahan makanan yang dikumpulkan termasuk, ubi jalar, daun-daunan, dan buah-buahan.

Nah, alat-alat yang digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan yaitu:

Saat itu, manusia purba tidak mengetahui bagaimana cara menanam. Wajar saja mereka lebih memilih mencari makanan dengan berburu. Namun, tahukah kamu apa sih alat-alat yang digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan?

1. Kapak perimbas

Kapak ini digunakan dengan cara digenggam dan tidak memiliki tangkai atau pegangan. Kapak perimbas ditemukan di beberapa wilayah ASEAN, seperti Indonesia Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, hingga China dan Pakistan.

2. Alat serpih

Alat Serpih merupakan peralatan yang memiliki bentuk sederhana seperti bentuk serpihan. Alat ini memiliki fungsi sesuai dengan namanya, yaitu untuk memotong layaknya pisau dan atau alat menusuk. Manusia dapat menggunakan alat ini untuk mengupas, memotong, dan menggali. Alat serpih memiliki ukuran 10 hingga 12 cm dan ditemukan di goa-goa di daerah Sangiran (Surakarta), Cabbenge (Sulawesi Selatan), Maumere (Flores), dan Timor.

Manusia purba yang hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan umumnya memilih goa-goa yang terletak di dekat sungai. Goa yang digunakan adalah goa yang atasnya dilindungi oleh terumbu. Kehidupan manusia di goa dapat dilihat dari lukisan yang ditemukan di goa Leang-Leang di Provinsi Sulawesi Selatan.

Lukisan-lukisan yang terdapat di dalamnya dibuat langsung dari tangan manusia dengan cat merah. Lukisan ini menggambarkan perjuangan kehidupan manusia selama berburu dan mengumpulkan makanan. Manusia purba yang tinggal di daerah pesisir meninggalkan limbah dapur atau fosil yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, seperti kerang, dan tulang ikan. Kehidupan mereka saat itu, membuat mereka hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain (nomaden).

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai alat-alat yang digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan.