Adakah Hubungan antara Rantai Makanan dengan Aliran Energi, Jelaskan?

Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi, jelaskan? – Rantai makanan merupakan siklus makanan-memakan antar satu spesies dengan spesies lainnya. Spesies ini diklasifikasi menjadi produsen, konsumen dan bakteri pengurai. Lantas, adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi?

Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi?

Jawabannya ada

Hubungan rantai makanan dengan aliran energi pastinya terjadi. Ketika makhluk hidup memanfaatkan atau mengkonsumsi makhluk hidup lainnya, maka pergerakan energi akan terjadi dalam bentuk zat yang diperlukan makhluk hidup tersebut untuk bisa bertahan hidup. Makanan digunakan sebagai sumber energi melalui proses metabolisme.

Rantai makanan adalah urutan serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu. Misalnya, nasi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dan ular dimakan oleh Elang.

Dalam rantai makanan akan terjadi proses perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan pada makhluk makan hidup lainnya, dalam hal ini predator.

Energi yang dimiliki tanaman, dimana tanaman menghasilkannya dari proses fotosintesis, melalui perubahan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Organisme lain tidak dapat membuat energi sendiri. sehingga mereka harus mengambil sumber energi ini dengan memakan makhluk hidup lainnya.

Hal ini juga terjadi ketika tikus memakan padi, dan ketika ular memakan tikus. Sumber makanan tadi, kemudian akan dicerna, dan hasilnya diubah melalui proses metabolisme dengan bantuan oksigen (O2) menjadi energi.