Jelaskan Manfaat Hewan bagi Lingkungan Sekitarnya

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya – Setiap hewan yang hidup di dunia, pasti memiliki peran dan manfaatnya masing-masing untuk lingkungan sekitarnya. Manusia, hewan dan tanaman,pada dasarnya hidup secara berdampingan dan saling membutuhkan.

Jika salah satunya punah, maka makhluk lainnya juga terpengaruh. Karena alasan ini, maka baik hewan, tumbuhan dan manusia akan selalu hidup berdampingan.

Manusia membutuhkan makhluk lain untuk membantu menjalankan aktivitasnya, seperti tanaman digunakan sebagai sumber makanan dan hewan untuk sumber pangan dan transportasi misalnya.

Di sisi lain, hewan juga membutuhkan manusia untuk melindungi dan memelihara ekosistem alami mereka ketika sumber makanan mereka rusak atau habis. Karena saling memiliki ketergantungan, maka setiap makhluk hidup harus saling menjaga.

6 Manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya

Meskipun beberapa hewan liar seperti serangga beracun sangat berbahaya bagi manusia, namun beberapa hewan lainnya justru memiliki memiliki manfaat dalam membantu kehidupan lingkungan sekitarnya. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.

1. Dagingnya bisa dikonsumsi

Hewan yang biasanya digunakan untuk tujuan konsumsi adalah sapi, kambing, unta, kerbau, ayam, dan ikan. Daging hewan ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk membantu membangun sel-sel dan mempertahankan kekebalan tubuh. Tanpa hewan, manusia akan kekurangan nutrisi yang penting untuk perkembangan tubuh dan otak.

2. Untuk dijadikan pakaian

Selain daging, hewan juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat benang atau pakaian. Hewan yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan benang adalah domba.

Selain domba, kulit hewan juga dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian lainnya, seperti sepatu, jaket, tas dan barang lainnya. Harga barang dari kulit biasanya sangat mahal karena membutuhkan proses pembuatan yang tidak mudah dan membutuhkan proses waktu yang lama.

3. Dimanfaatkan tenaganya, sebagai alat transportasi atau membajak

Selain pangan dan pakaian, hewan juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Di pedesaan, kamu masih bisa menemukan ternak atau kerbau yang digunakan untuk membajak sawah. Selain itu, ada juga kuda yang digunakan untuk kendaraan umum seperti Delman.

4. Kotorannya sebagai pupuk kandang alami

Meski menjijikkan, limbah atau kotoran hewan sangat berguna sebagai bahan pupuk. Tanpa pupuk, tanaman tidak dapat tumbuh maksimal, tanaman seperti beras, sayuran akan kekurangan nutrisi dan mudah layu dan mati. Untuk itu, kotoran hewan diperlukan sebagai bahan untuk membuat pupuk organik alami.

5. Membantu penyerbukan tanaman

Tidak hanya manusia, beberapa jenis hewan seperti lebah membantu tanaman dalam proses penyerbukan. Meskipun hal itu dapat dibantu oleh angin, namun kondisi angin yang tidak menentu tentu membutuhkan bantuan alternatifnya, seperti serangga.

Untuk itu, binatang seperti lebah akan sangat membantu proses penyerbukan tanaman tersebut. Selain itu, lebah juga membantu mengurangi hama tanaman seperti ulat yang memakan daun.

6. Menghasilkan susu

Manfaat susu alami yang berasal dari hewan sangat besar untuk pertumbuhan bayi dan manusia yang masih di masa pertumbuhan. Hewan penghasil susu yang kerap dimanfaatkan adalah sapi, kambing dan kuda.

Kandungan nutrisi dalam susu hewan tersebut sangat baik untuk tubuh dalam memenuhi kalsium dan protein. Di mana kalsium adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Sementara protein membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus.

Nah, itulah 7 penjelasan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.