Kadal Berkembang Biak dengan Cara?

Kadal berkembang biak dengan cara? Hewan reptil umumnya berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Lalu apakah hal ini berlaku juga dengan kadal? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Kebanyakan kadal justru berkembang biak dengan cara ovovivipar.

Beberapa jenis kadal memang berkemabng biak dengan cara bertelur (ovipar) dan beberapa diantaranya juga bertelur-melahirkan (ovovivipar). Kondisi ini terjadi karena telur kadal akan menetas di tubuh induk, kemudian baulah anak-anak mereka dilahirkan.

Bisa disimpulkan kebanyakan dari kadal memang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ovovivipar.

Cara kadal berkembang biak dengan cara ovovivipar

Kebanyakan kadal berkembang biak dengan cara ovovivipar, yaitu di mana telur kadal akan menetas pada tubuh induk kemudian anak tersebut akan dilahirkan. Tetapi ada juga beberapa jenis kadal yang berkembang biak dengan cara ovipar, yaitu bertelur.

Pembiakan kadal ini umumnya tergantung pada tempat atau habitat dan jenis spesies mereka.

Sebelumnya, kamu juga perlu tahu jika kadal juga dapat mereproduksi pembuahan dengan dua cara, yaitu seksual dan aseksual. Yang mana mereka dapat menghasilkan keturunan dengan ataupun tanpa menikah.

Tetapi hanya sebagian kecil dari kadal yang bisa memiliki kemampuan ini, sementara sebagian besar jenis kadal tetap membutuhkan pasangan.

Untuk spesies kadal yang bertelur, betina akan mencari tempat yang tepat untuk menyimpan telur mereka. Dia harus menemukan tempat yang aman untuk menjaga telur dari serangan predator yang bisa memakan telur mereka.

Setelah menemukan tempat yang dirasa aman, telur tersebut akan ditinggalkan dan induk kadal pun tidak kembali lagi. Telur ini umumnya akan menetas setelah sekitar 3 bulan. Sementara itu, kadal yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, umumnya akan ditinggalkan induknya saat kadal tersebut masih berusia muda.

Dengan kata lain, kadar tersebut harus mandiri dan bertahan hidup secara alami dengan instingnya.

Jadi, jawaban yang paling banyak mengenai perkembang biakan kadal ini adlah ovovvivapr. Namun,untuk detailnya, hal itu tergantung pada spesies kadal itu sendiri. Tetapi terlepas dari itu, baik dengan ovipar atau ovovivipar, semua kadal memiliki kesamaan yaitu akan meninggalkan anaknya sendiri dan membiarkannya untuk bertahan hidup secara alami.