Jelaskan Cara Melakukan Gerakan dalam Jalan Cepat

Jelaskan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat – Untuk kamu yang belum terlalu familiar dengan olahraga atletik ini, berikut cara melakukan gerakan jalan cepat yang benar adalah

Cara melakukan gerakan dalam jalan cepat

  1. Kaki berjalan dalam satu garis lurus
  2. Gerakan tangan harus seimbang dengan kaki
  3. Jika langkah kaki yang bergerak bagian sebelah kanan, maka gerakan yang mengikutinya adalah tangan kiri

Penjelasan mengenai jalan cepat

Secara umum, olahraga atletik ini adalah kombinasi dari beberapa jenis olahraga yang dalam garis besar dapat diklasifikasikan sebagai bidang olahraga lari, melompat dan melempar. Dalam bahasa, atletik datang dari kata Athlon yang dalam bahasa Yunani dapat diartikan sebagai kontes. Awal pertandingan atletik pertama kali dilakukan secara resmi di Olimpiade 776 SM.

Jalan cepat (Bahasa Inggris: Racewalking) adalah cabang olahraga atletik yang berjalan maju dengan cara melangkahkan kaki di manaka kaki harus menyentuh dengan tanah secara bergantian tanpa putus.

Gerakan tersebut harus dilakukan secara cepat setiap kali kamu melangkah. Posisi tersebut secara bergantian di mana kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

Ketika melangkah satu kaki harus di tanah, maka posisi kaki tersebut harus lurus atau tidak bengkok. Posisi kaki pun harus dalam posisi tegak dengan tumit kaki mendarat terlebih dahulu. Kompetisi jalan cepat umumnya menggunakan trek lebih dari 3000 meter hingga 100 kilometer.

Manfaat jalan cepat

1. Membuat tubuh lebih lincah saat berjalan

Bagi mereka baru saja menurunkan berat badan secara drastis, biasanya kulit akan tampak sedikit longgar. Olahraga jalan dapat membantu kulit atau bagian tersebut kembali normal.

2. Menyingkirkan lemak

Jalan cepat bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Banyak keringat yang diproduksi berasal dari pembakaran lemak dalam tubuh. Olahraga ini sangat sempurna untuk program penurunan berat badan.

3. Menjaga fleksibilitas tubuh

Saat melakukan jalan cepat, otot-otot tubuh bergerak sehingga semakin rutin akan membuat tubuh lebih fleksibel dan nyaman saat bergerak.

4. Menjaga peredaran darah

Tidak hanya dapat membakar lemak dan mengencangkan tubuh, jalan cepat juga bisa melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan saat jalan cepat

1. Sikap tubuh

Hal pertama yang penting untuk dicatat ketika jalan cepat adalah sikap atau postur saat melangkah. Sikap tubuh harus menghadapi lurus dan agak maju. Penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan tahu kapan harus memindahkan tubuh ke depan dan ke belakang secara beriringan. Pertahankan posisi tubuh agar tetap tegak ketika mengayunkan kaki ke depan.

2. Posisi kepala

Ketika kaki berayun dan bergerak maju, jaga posisi kepala tetap stabil. Secara umum, atlet jalan cepat dapat dengan cepat menggerakan kepala mereka ke kanan dan dibiarkan secara harmonis untuk menjaga keseimbangan. Tetapi hal itu juga harus dipertimbangkan sehingga gerakan tersebut tidak mempengaruhi kecepatan kaki saat melangkah.

3. Gerakan langkah kaki

Saat melangkah maju, kaki akan mengambil langkah yang tepat dan pas, tidak terlalu jauh dari garis imajiner dari tubuh atlet. Kemudian ketika menyentuh tanah, tumit adalah bagian pertama dari titik tumpu dan pendaratan kaki. Gerakan kaki saat melangkah harus diimbangkan sesuai irama gerakan ayunan tangan.

4. gerakan lengan dan bahu

Saat melangkah, lengan kanan dan kiri bergantian posisi secara maju dan mundur, di mana posisi siku juga membentuk sudut 90 derajat. Terus pertahankan sikap ini sehingga tubuh tetap seimbang.

Nah, itulah penjelasan cara melakukan gerakan dalam jalan cepat. Bagaimana? Mudah bukan? Apa kamu tertarik mencoba olahraga ini?