Ceritakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumahmu

Ceritakan pola hidup bersih dan sehat di rumahmu – Menjaga pola hidup bersih dan sehat di rumah tentu menjadi kewajiban setiap pemilik rumah ataupun orang yang tinggal di dalamnya. Kebersihan dan kesehatan merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan.

Seperti kata pepatah, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Nah, mungkin kalian pernah diminta untuk menceritakan pola hidup bersih dan sehat di rumahmu ketika di Sekolah. Kira-kira, apa saja ya yang harus dilakukan dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat di rumah. Langsung saja, berikut ini ulasannya.

1. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir

Perilaku hidup yang bersih dan sehat diawali dari kebiasaan kecil, misalnya mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas. Kebiasaan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya berbagai penyebaran penyakit melalui kuman melalui kontak tangan.

Penyebaran penyakit sering terjadi melalui transmisi fesal-oral, artinya kuman dari orang lain yang saat itu sedang sakit bisa menyebar tanpa disengaja atau disadari. Bagaimana cara penularan tersebut bisa terjadi? Transmisi kuman atau virus penyebaran penyakit bisa terjadi dari kontak fisik maupun melalui droplet yang dikeluarkan oleh orang tersebut. Kemudian, kamu tanpa menyadarinya menelan secara tidak sengaja.

Kontak penyebaran kuman lainnya bisa terjadi karena orang-orang yang memiliki penyakit tertentu tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet, atau tersentuh oleh orang tersebut yang kemudian akan membuat benda tersebut juga terkontaminasi oleh kuman.

2. Membersihkan lingkuan dan memberantas sarang nyamuk

Nyamuk termasuk salah satu hewan yang bisa memakan banyak korban jiwa. Bahkan, serangga kecil ini bisa dibilang salah satu makhluk mematikan di dunia. Tentu saja karena beberapa jenis nyamuk membawa virus DBD hingga malaria yang menjadi penyakit yang cukup berbahaya.

Pemberantasan sarang nyamuk tentu menjadi hal yang harus dilakukan dan wajib dimasukkan dalam perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah dan tempat tinggal. Dengan terjaganya lingkungan dari sarang dan jentik hewan ini maka penyebar berbagai macam penyakit yang dibawa nyamuk bisa ditekan.

Genangan air bersih di rumah dan di sekitar kediaman juga harus sering dibersihkan. Hal ini karena genangan air umumnya menjadi tempat tinggal larva nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah.

3. Konsumsi secara rutin buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat berfungsi secara optimal dan tetap sehat. Karena itu, gabungkan buah dan sayuran ke dalam setiap menu makanan kamu sehari-hari.

4. Lakukan aktivitas fisik setiap hari

Aktivitas fisik seperti olahraga juga harus dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari. Tidak perlu memilih olahraga yang rumit pilihlah aktivitas dan olahraga yang sederhana namun bisa kamu lakukan secara rutin. Contohnya, berjalan santai, jogging, bersepeda dan berenang.

5. Hindari asap merokok

Kebiasaan merokok bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit paru-paru dan gangguan saluran pernapasan. Lebih lanjut, kebiasaan ini juga bisa berpengaruh pada munculnya penyakit kardiovaskular, hingga kanker.

Selain merugikan kesehatan, perokok aktif juga bisa mengganggu kesehatan orang-orang disekitar perokok. Selain itu, perokok pasif alias juga beresiko terkena masalah kesehatan jika terus-menerus terpapar asap rokok. Nah, utuk itu jika kamu berada di tempat yang sama dengan orang yang sedang merokok, sebaiknya pergi atau pindah ke tempat lain. Mengingat asap rokok bisa membayakan kesehatan orang yang merorok juga orang yang menghirup asapnya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai contoh jawaban dari pertanyaan: ceritakan pola hidup bersih dan sehat di rumahmu.