Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Seperti Apakah Fungsi Pancasila Bagi Kehidupan Bernegara

Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara? – Pancasila memiliki posisi dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, bidang Agama, Sosial, Politik, dll Pancasila itu sendiri telah membuat kedudukan Indonesia sebagai negara yang bangsa dan berideologi pancasila.

Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

Dalam kehidupan bernegara, Pancasila memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Pancasila berfungsi sebagai dasar negara
  2. Pancasila berfungsi sebagai ideologi berbangsa sekaligus sebagai pandangan hidup bangsa

Pancasila berfungsi sebagai dasar negara, yang berarti bahwa Pancasila menjadi dasar yang kuat dalam pembentukan Indonesia untuk mempersatukan seluruh masyarakat dalam kehidupan yang penuh harmoni dan persatuan, beriwa dan berkepribadian bangsa, serta berfungsi sebagai perjanjian luhur.

Sedangkan fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa, berarti Pancasila menjadi pedoman tolok ukur hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum dan tata tertib di Indonesia, serta berfungsi sebagai cita-cita dan tujuan yang hendak diwujudkan oleh bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai Philosofische Grondslag

Masyarakat Indonesia memperingati 1 Juni sebagai hari ulang tahun Pancasila. Sejarah “kelahiran” Pancasila bisa ditemukan dalam berbagai sumber, literatur, dan media elektronik yang berkembang pesat saat ini. Namun, terkadang kita lupa untuk memahami lebih komprehensif tentang Pancasila sebagai ideologi.

Pancasila menurut Philosofische Grondslag atau pandangan kehidupan rakyat Indonesia memiliki dua tujuan, yaitu:

  1. Pancasila diharapkan selalu menjadi panduan menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dalam berkeluarga, bermasyarakat dan berbangsa
  2. Pancasila diharapkan menjadi dasar negara sehingga menjadi kewajiban yang mengikat baik dalam hukum, politik, ekonomi dan sosial masyarakat. Aspek-aspek ini harus didasarkan dan ditujukan pada Pancasila

Pancasila dalam posisinya sebagai ideologi di mana nilai-nilai yang dimiliki harus sepenuhnya diterima oleh rakyat Indonesia. Hal ini telah dirumuskan dalam paragraf keempat pembukaan UUD 1945. Pancasila adalah pandangan kehidupan bangsa, memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Dalam posisi tersebut, Pancasila menempati posisi tertinggi, yaitu sebagai sumber dari semua sumber atau dasar dari sistem hukum nasional di Indonesia.

Dalam posisinya sebagai sumber dari semua sumber hukum, Pancasila digunakan untuk menilai hukum yang berlaku di berbagai bagian Indonesia. Undang-undang yang dibuat harus mencerminkan kesadaran dan rasa keadilan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Undang-undang di Indonesia juga harus menjamin dan menjadi perwujudan yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sebagaimana dinyatakan dalam pembukaan UUD 1945.

Aturan utama Pancasila menempati posisi permanen, kuat dan tidak berubah. Pancasila tidak dapat diubah dan dihilangkan, karena itu adalah prinsip yang paling mendasar. Bung Karno menyebut Pancasila sebagai Philosofische grondslag (Fundamental of Philosophy).

Pancasila sebagai Norma Fundamental Staats

Secara yuridis, berdasarkan Pasal 37 UUD 1945, Konstitusi sebagai hukum dasar memungkinkan perubahan. Tapi Pancasila dalam posisinya sebagai aturan utama negara (Norma Fundamental Staats) masih kuat dan tidak berubah. Norma fundamental staats adalah norma yang merupakan dasar untuk pembentukan Konstitusi.

Pancasila sebagai norma fundamental Staats ditempatkan sebagai dasar prinsip dalam membangun negara, maka itu tidak dapat diubah. Undang-undang di Indonesia tidak membenarkan perubahan Pancasila, karena itu adalah sumber dari semua sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar di Indonesia.

Mengubah Pancasila berarti mengubah dasar atau prinsip negara. Jika dasar prinsip atau dasar negara itu diubah, maka negara yang dinyatakan oleh hasil perjuangan pahlawan bangsa juga akan berubah atau tidak ada lagi.

9 Fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

Setidaknya, ada 9 fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia

Nilai-nilai Pancasila menjadi panduan hidup bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan rakyat yang beraneka ragam. Pancasila juga mengatur cara pandang bangsa Indonesia sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia

Pancasila menjadi jiwa bangsa sejak bangsa Indonesia merdeka. Kendati baru disahkan ketika kemerdekaan, nilai-nilai Pancasila dan Pancasila telah tertanam di dalam diri masyarakat sebelum kemerdekaan terjadi. Hal ini merupakan bentuk cerminan jiwa bangsa Indonesia yang sudah melekat di dalam diri masyarakatnya.

3. Pancasila menjadi kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila menjadi karakter tersendiri yang menjadi corak bangsa Indonesia, sehingga menjadi pembeda dengan bangsa lain. Baik itu menurut perilaku, mental dan juga tingkah lakunya. Hal itu merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila. Oleh sebab itu, Pancasila juga berfungsi menjadi identitas diri bangsa yang wajib ditanamkan menjadi kepribadian dalam individu masyarakat Indonesia.

4. Pancasila menjadi perjanjian luhur

Pendiri bangsa sudah menetapkan jika Pancasila adalah dasar negara yang wajib terus dijaga. Pancasila juga sebagai warisan intelektuall bangsa dan perjanjian luhur yang wajib dipertahankan oleh bangsa Indonesia.

5. Pancasila menjadi sumber segala sumber hukum

Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia wajib bersumber menurut Pancasila. Oleh karena itu, setiap aturan yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung pada diri Pancasila. Tiap sila yang tertuang dalam Pancasila menjadi nilai dasar, ad interim aturan pada nilai fragmental atau klasifikasi menurut sila Pancasila tersebut.

6. Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Pancasila menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Hal ini tertuang dalam isi pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam konteks ini, Pancasila sebagai tujuan bangsa, membangun rakyat yang adil dan makmur menurut Pancasila.

7. Pancasila menjadi falsafah hidup bangsa Indonesia

Pancasila dipercaya mencerminkan filosofi yang dianut bangsa Indonesia pada kelima silanya sebagai ideologi negara. Isi pesan yang tersirat di dalam Pancasila, mengandung nilai falsafah dan kepribadian bangsa dan berhubungan dengan kebiasaan bangsa Indonesia yang adil, makmur, dan menjaga persatu masyarakat Indonesia.

8. Pancasila menjadi dasar Negara

Ideologi dan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dan landasan dalam mengatur dan menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai dasar negara, Pancasila berisikan kaidah dan aturan yang mengatur bangsa Indonesia, termasuk pemerintah, wilayah, dan kerakyatan.

9. Pancasila menjadi Ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai visi atau arah kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesatuan dan persatuan, berkerakyatan, dan menjunjung tinggi nilai keadilan. Ideologi pancasila ditetapkan menjadi ideologi negara.

Jadi, seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara? Tentu jawabannya sangat penting, karena Pancasila tidak hanya sebatas ideologi bangsa, namun juga sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Baca juga bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.