Prinsip Lari Cepat Yaitu Berlari Pada? Ini Jawabannya

Masih berhubungan dengan olahraga lari, kali ini kita akan membahas mengenai prinsip dalam olahraga lari. Hampir semua dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga lari. Namun, tahukah kamu prinsip lari cepat yaitu berlari pada apa?

Nah, pertanyaan ini pastinya akan kamu jumpai pada pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan Sekolah Menengah Pertama. Jika kebetulan kamu menemukan pertanyaan tersebut dan kamu belum tahu jawabannya, berikut ini pembahasannya.

Jawaban dari soal prinsip lari cepat yaitu berlari pada?

Jawabannya adalah:

Ujung kaki

Mengapa jawabannya adalah ujung kaki? Pembahasan ini tentu kembali pada Gerak dasar lari cepat itu sendiri, yaitu lari menggunakan ujung kaki yang menjadi tumpuan kuatnya. Nah, agar kaki bisa mendapat mendapat dorongan yang kuat saat berlari cepat, maka badan kita pun akan sedikit condong ke arah depan sekitar 60 derajat. Posisi ini tentu membuat titik berat badan bertumpu pada bagian depan. Dan tentu saja tumpuan tubuh yang mencodongong 60 derajat akan bertumpu pada ujung kaki.

Tak hanya itu, umumnya siku pun ditekuk hingga membuat sudut 90 derajat. Nah untuk mengimbangi hal itu, biasanya kedua jari-jari tangan berada dalam posisi lurus agar bisa mengikuti gerakan dan kecepatan kaki. Nah, itulah jewaban dari tumpuan dalam prinsip lari cepat.

Baca juga: Perbedaan antara Jalan dengan Lari Terletak pada Cara Kaki Menapak