Mengapa Kita Harus Bersyukur, Ini 7 Alasannya

Mengapa kita harus bersyukur? Syukur adalah bentuk terima kasih atas semua yang kita dapatkan dalam hidup ini, baik dalam bentuk materil maupun yang tidak.

Dengan rasa syukur, secara tidak langsung kita telah berterima kasih atas kebaikan yang diberikan Tuhan dalam hidup ini.

Jika kamu masih bertanya-tanya, mengapa kita harus bersyukur? Berikut akan bahas lebih lanjut.

Dalam penelitian psikologi positif, bersyukur berkaitan erat dengan kebahagiaan.

Artinya, semakin kita bersyukur dalam menjalani kehidupan ini, semakin kita merasa senang dan bahagia.

Itu karena, rasa syukur dapat membantu seseorang merasa lebih positif, menikmati pengalaman hidup, meningkatkan kesehatan mental, lebih kuat menghadapi kesulitan, dan lebih mudah membangun motivasi hidup yang kuat.

Kita dapat mengungkapkan rasa syukur dalam berbagai cara. Misalnya mengingat masa lalu dengan di mana betapa bahagiannya masa kanak-kanak dahulu.

Dari sana kita akan berterima kasih pada Tuhan, orang tua dan teman-teman telah membawa kebahagiaan saat itu.

Dan kita masih mendapat kesempatan hingga saat ini oleh Tuah. Dengan begitu kita akan lebih bersyukur atas apa yang terjadi hari ini.

Sehingga, saat menjalani pekerjaan yang berat kita akan lebih termotivasi untuk menjalaninya.

Dan ketika hal itu berhasil kamu lewati, kamu juga akan lebih optimis untuk menghadapi masa depan.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa rasa syukur dapat mengubah hidup seseorang. Berikut adalah 7 alasan mengapa kita harus bersyukur.

1. Bersyukur membuat kamu lebih merasa bahagia

Tulislah apa saja yang telah kamu dapatkan dalam sebuah catatan, dari sana kamu akan mendapat hal-hal apa saja dan kebahagian seperti apa yang telah Tuhan berikan pada diri kamu. Sehingga kamu akan lebih mudah merasa bahagia.

Tahu kenapa?

Karena, dengan memperhatikan apa yang sudah kita miliki, bisa membuat kita merasa lebih positif tentang perjalan hidup dan semua tantangan dalam hidup ini.

Kamu mungkin merasa cemburu karena orang lain memiliki apa yang tidak kamu miliki. Tapi, ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa rasa syukur dapat mengurangi kecemburuan dan membuat kita lebih tangguh.

Lagi pula, jika kamu bersyukur atas apa yang kamu miliki, rasa cemburu kamu akan seseorang akan hilang secara perlahan?

2. Rasa syukur akan membuat kamu lebih mudah menghargai orang lain

Hanya dengan mengatakan “terima kasih” tidak hanya menunjukan kamu adalah orang yang memiliki sikap dan perilaku yang sopan, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang menghargai dan selalu berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh orang lain.

Dengan demikian, kamu akan lebih menemukan teman-teman baru dan lebih disukai banyak orang

Dalam sebuah studi, mengucapkan terima kasih dengan kenalan baru memungkinkan seseorang untuk membawa hubungan ke arah yang lebih dekat.

Misalnya, hari ini kamu bertemu dengan klien dan mengucapkan terima kasih atas undangannya dan mau menyempatkan waktunya datang dan bertemu.

Tidak menutup kemungkinan klien tersebut akan lebih welcome pada dan bisa bekerja sama dalam pekerjaan.

Jadi, dengan mengucapkan terima kasih pada orang baru bisa menjadi pintu rezeki juga, bukan?

3. Syukur membuat kamu lebih sehat secara fisik

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Personality and Individual Differences, menemukan bahwa orang yang bersyukur baik lebih jarang mengalami masalah kesehatan daripada mereka yang banyak mengeluh.

Tidak mengherankan, orang-orang yang bersyukur juga lebih terjaga kesehatan mereka.

4. Percayalah, berterima kasih bisa meningkatkan kepercayaan diri?

Peserta yang menyelesaikan program bimbingan tentang rasa syukur selama 4 minggu dilaporkan memiliki kepuasan hidup dan kepercayaan diri lebih tinggi dalam menghargai hidup.

Syukur dapat membantu kamu merasa lebih baik dalam situasi apapun, hal menyebabkan kamu merasa lebih baik dan menghargai diri kamu.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa rasa syukur mengurangi perbandingan sosial yang ada. Alih-alih membenci mereka yang memiliki lebih banyak uang atau pekerjaan yang lebih baik, orang-orang yang bersyukur akan lebih menghargai prestasi orang lain tersebut.

5. Mendapatkan dukungan yang lebih baik dari lingkar sosial

Tidak mengherankan, mengingat manfaat bersyukur pada kehidupan sosial bisa memberikan akses dan hubungan ke lebih banyak dukungan kehidupan sosial.

Penelitian serupa mengkonfirmasi temuan ini, dan melaporkan bahwa rasa syukur yang lebih tinggi juga menyebabkan tingkat stres dan depresi yang lebih rendah.

Hal ini menunjukkan bahwa rasa syukur membantu kamu mendapatkan dukungan sosial yang kamu butuhkan untuk melewati masa-masa sulit.

6. Syukur juga dapat meningkatkan kesehatan mental

Banyak penelitian yang menunjukkan jika rasa syukur tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga memainkan peran utama dalam mengatasi trauma.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Perilaku Penelitian dan Terapi menemukan bahwa veteran perang di Vietnam memiliki rasa syukur yang lebih tinggi, sehingga gangguan stres pasca-trauma justru lebih rendah.

7. Rasa syukur membuat tidur lebih berkualitas

Alasan lain mengapa kita harus bersyukur tidak lain karena hal tersebut bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psikologi Terapan, 15 menit sebelum tidur, kamu dapat mencatat hal-hal yang kamu syukuri hari ini, ternyata bisa membuat tidur kamu lebih baik dan lebih berkualitas.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kita harus bersyukur. Tidak hanya membuat kita lebih menghargai hidup, namun juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan hubungan kita dengan orang lain.