Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora dan Faunanya

Kali ini kita akan membahas mengenai flora dan fauna, khususnya yang berada di benua Australia. Namun pembahasan kali ini bukan kepada jenis-jenisnya, namun lebih kepada alasan mengapa benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna.

Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah:

  1. Benua Australia memiliki luas wilayah yang kecil sehingga sering dilalui banyak hewan
  2. Iklim benua tersebut mudah membuat banyak hewan beradaptasi. Selain itu, disana juga memiliki banyak persediaan makanan sehingga banyak hewan yang menetap dan akhirnya terjadi ekosistem yang beragam
  3. Kondisi tanah di sana cocok dengan berbagai macam tanaman sehingga menimbulkan berbagai tumbuhan bisa tumbuh dengan cepat

Pembahasan lebih lanjut mengenai keragaman flora dan fauna di Australia

Keunikan dan keragaman flora dan fauna di Australia dapat disebabkan oleh kondisi dan iklim di daerah tersebut. Seperti yang kita ketahui, benua Australia adalah sebuah benua yang kecil. Dengan demikian, daerah tersebut menjadi salah satu daerah transisi atau daerah yang sering kali dilewati oleh hewan dari negara-negara lain.

Umumnya, di setiap negara memiliki tumbuhan atau hewan yang khas yang merupakan karakteristik dari negara tersebut. Bisa saja, hewan itu dibawa oleh orang-orang dari negara tersebut atau hewan-hewan tersebut pindah ke benua Australia karena cuaca dan iklim di sana mendukung kehidupannya. Sehingga, fauna dan flora itu bisa hidup dan berkembang biak.

Tak heran, Australia pun juga memiliki flora yang beragam dan unik. Keunikan floranya sendiri tergantung pada kontur, kandungan tanah, serta air di daerah tersebut. Tanah yang subur dengan iklim suhu yang sesuai tentu membuat banyak flora tumbuh sehingga membuat banyak keanekaragaman flora.

Untuk di daerah dengan panas cahaya matahari yang cukup juga mendukung pertumbuhan flora itu. Adapun keunikan fauna, tentu sangat terkait dengan keanekaragaman flora, khususnya pada hewan herbivora. Tumbuhan yang tersedia bagi hewan herbivora, tentu membuat banyak hewan herbivora menetap di daerah ini.

Hal itupun membuat banyak hewan karnivora memilih menetap di daerah tersebut, karena banyaknya hewan buruan di sana.

Faktor-faktor yang mempengaruhi suatu benua meliputi:

  1. Kondisi gerakan kerak bumi yang tidak bergantung pada benua lain
  2. Keunikan flora dan fauna di sana
  3. Budaya dan kepercayaan dari penduduk lokal tentang status wilayah tersebut sebagai sebuah benua yang unik

Australia memenuhi beberapa persyaratan sebagai benua, karena

Australia berada di lempengnya sendiri (lempeng Australia), benua ini memiliki flora dan fauna yang unik, Australia memiliki budaya Aborigin asli. Hal inilah menjadi alasan Australia sebagai sebuah benua.

Nah, itulah pembahasan mengenai pertanyaan mengapa benua australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya.