Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Keterangan dan Ukurannya

Gambar lapangan sepak bola beserta keterangan dan ukurannya, berikut penjelasanaya. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang mendunia. Tak heran, berbagai pertandingan sepak bola baik kejuaraan antar klub maupun antar negara menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Nah, banyak dari kamu yang mungkin berkeinginan atau memiliki cita-cita menjadi seorang pesepak bola profesional. Meskipun kamu tahu berbagai nama klub ataupun nama pemain sepak bola profesional, tapi tahukah kamu berapa sih ukuran lapangan sepak bola itu?

Nah, untuk kamu yang masih belum tahu, berikut ini penjelasan mengenai gambar lapangan sepak bola beserta keterangan dan ukurannya.

Gambar lapangan sepak bola

Gambar Lapangan SepakBola Nasional Internasional FIFA
Gambar Lapangan SepakBola Nasional Internasional FIFA
Gambar lapangan sepak bola dan luas panjang & lebarnya
Gambar lapangan sepak bola dan luas panjang & lebarnya
gambar ukuran gawang sepak bola
gambar ukuran gawang sepak bola
Gambar ukuran lapangan sepak bola nasional dan internasional
Gambar ukuran lapangan sepak bola nasional dan internasional
Gambar Panjang dan Lapangan Sepak Bola
Gambar Panjang dan Lapangan Sepak Bola
Sketsa Gambar Lapangan Sepak Bola
Sketsa Gambar Lapangan Sepak Bola
Gambar Lapangan Sepak Bola Nasional dan Fifa
Gambar Lapangan Sepak Bola Nasional dan FIFA
Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Dimensi Bola Sepak
Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Dimensi Bola Sepak
Blue Print Lapangan Sepak Bola
Blue Print Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola

Ukuran lapangan sepak bola yaitu 90-120 meter untuk panjang dan antara 45-90 meter untuk lebar. Pada pertandingan tingkat internasional, panjang resmi lapangan sepak bola berkisar antara 100-110 meter untuk panjang dan 64-75 meter untuk lebarnya. Sedikit beberapa penjelasan singkat mengenai ukuran dari lapangan sepak bola:

Penjelasan mengenai olahraga sepak bola

Mengutip KBBI, sepak bola adalah permainan tim yang dilakukan di atas lapangan dengan bola yang diperebutkan oleh dua kelompok yang berlawanan. Masing-masing tim terdiri dari 11 pemain.

Pertandingan sepak bola berlangsung selama 2 x 45 menit. Kemenangan dalam pertandingan sepak bola ditentukan oleh selisih gol yang dihasilkan ke gawang lawan. Lapangan sepak bola juga dikenal dengan istilah lapangan hijau.

lapangan sepak bola memiliki permukaan yang lapang. Umumnya berumput alami, namun ada juga beberapa lapangan yang menggunakan rumput sintetis atau buatan. Ketinggian rumput di lapangan sepak bola berkisar antara 25-30 milimeter.

Ukuran lapangan sepak bola

Mengutip Football History, keterangan lebih lanjut mengenai lapangan sepak bola resmi dari FIFA (Asosiasi Fédération Internationale de Football) adalah sebagai berikut:

Lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang. Terdapat tanda lingkaran di tengah lapangan, kotak penalti yang masing-masing terdapat bentuk setengah lingkaran.

Ukuran luas lapangan sepak bola yang sering digunakan adalah 105 x 68 m (115 x 74 yard) atau 7140 meter persegi. Ukuran lapangan sepak bola terdapat dua standar yang berlaku, yaitu ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan standar nasional dan internasional.

Ukuran lapangan sepak bola standar nasional

Ukuran lapangan sepak bola standar nasional adalah: Panjang 90-120 m dan Lebar 45-90 m, dengan pusat jari-jari lingkaran 9,15 m, tengah, kotak gawang atau kotak penalti 18,3 x 5,5 m dan 40,3 x 16,5 m.

Ukuran lapangan sepak bola standar internasional

Sedangkan untuk ukuran lapangan sepak bola standar internasional versi FIFA adalah: Panjang 100 x 110 m, Lebar 64-75 m, pusat jari-jari lingkaran sebesar 9.15 m, kotak penalti dengan panjang 40 m dan lebar 16,5 m.

Ukuran gawang sepak bola

Menurut FIFA, panjang gawang sepak bola adalah 7,32 m dan tinggi gawang adalah 2,44 m.

Ukuran bola sepak

Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola terbuat dari bahan karet. Berikut ini spesifikasi dan ukurannya: Berat sekitar 410-450 dengan diameter lingkaran 68-70 cm, ,tekanan udara 0,60-1,1.

Gambar 9 stadion dan lapangan sepak bola terbesar di dunia

Sebagai seorang penggemar sepak bola, menonton pertandingan langsung tentu bisa menjadi kepuasan tersendiri. Tak hanya pertandingan, suasana stadion juga bisa membangkitkan euforia tersendiri bagi kesebelasan yang bertanding. Tidak geran, kemegahan dan keindahan stadion menjadi sesuatu kebanggaan bagi klub ataupun Negara kesepebelasan tuan rumah yang bertanding.

Dari banyak stadion sepakbola yang tersebar di seluruh dunia, berikut ini beberapa stadion yang mendapatkan banyak sorotan karena memiliki kapasitas yang sangat besar bahkan diantaranya mampu memuat puluhan bahkan ratusan ribu penonton.

Stadion apa saja itu? Berikut ini beberapa stadion dan gambar lapangan sepakbola terbesar dari beberapa penjuru dunia.

1. Stadion Rundrado May Day, Korea Utara

Stadion sepakbola terbesar di dunia yang pertama ada Stadion Day Day Rundrado. Stadion yang berlokasi di Pyongyang, Korea Utara memiliki kapasitas penonton hingga 114.000.

Stadion yang konstruksinya selesai pada tahun 1989 ini tidak hanya ditujukan untuk pertandingan sepak bola saja, tetapi juga untuk beberapa olahraga atletik lainnya dan tujuan peristiwa kenegaraan.

Salah satu acara yang diadakan di stadion ini adalah festival pemuda dan mahasiswa. Sekarang, Stadion Rundrado May Day digunakan lebih sering untuk tujuan Festival Arirang.

Stadion yang umumnya disebut RMD ini memiliki atap bergigi melengkung dan terlihat seperti bunga magnolia.

Selain itu, bidang utama stadion ini memiliki luas 22.500 meter persegi dengan luas tanah hingga 207.000 meter persegi.

2. Camp Nou, Spanyol

Selanjutnya ada Camp Nou sebagai stadion sepakbola terbesar di dunia. Tetapi tidak hanya di dunia, Camp Nou juga menjadi stadion sepakbola terbesar di Eropa.

Didirikan sejak 1957, Camp Nou memang menjadi rumah bagi klub sepakbola Barcelona dan markas dari tim sepak bola nasional Spanyol, yaitu tim Catalan.

Tidak hanya itu, di Stadion Camp Nou ada museum FC Barcelona yang memiliki jumlah pengunjung terbesar kedua di dunia setelah Museum Picasso.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengunjung ke Museum FC Barcelona yang setiap tahun mencapai lebih dari 1,2 juta pengunjung.

Stadion sepak bola yang satu ini dapat menampung hingga 99.354 penonton. Ada banyak acara atletik yang diadakan di stadion ini, termasuk Piala Eropa 1989 dan 1999, Piala Super UEFA, Copa del Rey dan acara lainnya.

3. FNB Soccer City, Afrika Selatan

Yang ketiga adalah FNB Soccer City. Stadion ini juga masuk deretan stadion sepakbola terbesar di dunia.

FNB atau perpanjangannya adalah First National Bank, ini adalah stadion terbesar ketiga yang didirikan pada tahun 1989 dan mampu menampung 94.736 penonton.

Stadion ini berdiri di Johannesburg, Afrika Selatan, dan pernah menjadi tuan rumah untuk final Piala Dunia FIFA 2010 antara Spanyol dan Belanda. Selain itu, stadion FNB juga digunakan untuk upacara penutupan Piala Dunia 2010.

Pada saat itu, Nelson Mandela untuk terakhir kalinya muncul di depan umum. Tidak hanya itu, pada tahun 1990, mantan presiden Afrika Selatan itu juga melakukan pidato untuk pertama kalinya sejak dia bebas dari penjara.

Hal itulah yang membuat stadion sepakbola FNB menjadi salah satu stadion penting di Afrika Selatan.

4. Rose Bowl, Amerika Serikat

Stadion dan lapangan sepakbola terbesar keempat di dunia ditempati oleh Rose Bowl. Stadion yang berlokasi di Pasadena, California pernah digunakan sebagai tempat untuk Olimpiade Musim Panas 1932 dan 1984.

Tidak hanya itu, stadion ini juga telah digunakan pada final Piala Dunia FIFA 1994 dan Final Piala Dunia Wanita FIFA 1999.

Jumlah penonton di Made Rose Bowl disinyalir mampu menampung 92.542 penonton.

5. Stadion Wembley, Inggris

Kelima adalah Stadion Wembley. Menjadi rumah untuk klub Tottenham Hotspur hingga 2018 dan markas tim sepak bola nasional Inggris, stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 90.310 dengan toilet sebanyak 2.618.

Banyak acara sepak bola yang diadakan di stadion ini, termasuk pertandingan final Piala FA, Piala Wembley, Final Piala Liga Inggris, Final Liga Champions UEFA 201, dan Seri NFL International,

Tidak hanya acara sepak bola yang diadakan di stadion ini, tetapi juga konser musik dari seniman musik terkenal, seperti Muse, Oasis, Metallica, Green Day, U2, hingga Madonna.

6. Bukit Jalil National, Malaysia

Bukit Jalil National juga masuk dalam deretan stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion ini berdiri sejak 1 Januari 1998 dan menjadi markas tim nasional sepakbola Malaysia. Bukit Jalil National memiliki kapasitas tempat duduk penonton hingga 89.411.

Memang, Bukit Jalil National dibangun untuk acara Commonwealth Games 1998. Tidak hanya itu, peristiwa sepakbola yang besar sering juga diadakan di stadion ini, seperti Partai Olahraga Common Fury 1998 dan Piala Asia AFC 2007.

7. Gelora Bung Karno, Indonesia

Tanpa diduga, Stadion Bung Karno pun menempati posisi ketujuh sebagai stadion sepakbola terbesar di dunia.

Stadion yang berlokasi di Jakarta, Indonesia adalah satu-satunya stadion yang menggunakan standar internasional.

Berada di Kompleks Pusat Olahraga Bung Karno, Stadion GBK telah mengalami perubahan nama pada tahun 1984 menjadi Stadion Olahraga Senayan. Namun akhirnya, nama stadion diubah menjadi nama awalnya pada tahun 2001.

GBK memiliki kapasitas kursi yang dapat menampung 88.083 penonton. Jumlah kapasitas kursi telah berubah beberapa kali karena renovasi.

Beberapa acara sepak bola besar telah diadakan di Stadion GBK, termasuk Final Piala Asia AFC 2007, Asian Games 2018 2018.

Tidak hanya itu, beberapa klub dunia besar telah bermain di stadion ini, seperti Arsenal (2013), Chelsea (2013), Juventus (2014), Liverpool (2015) dan Roma (2015).

8. Estadio Azteca, Meksiko

Stadion sepakbola terbesar kedelapan ada Estadio Azteca. Memiliki kapasitas penonton hingga 87.523, stadion ini sering digunakan sebagai tuan rumah untuk beberapa peristiwa bergengsi.

Beberapa peristiwa bergengsi yang diadakan di stadion ini seperti final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986. Stadion yang menjadi markas besar tim nasional Meksiko ini dibangun oleh arsitek Pedro Ramirez Vazquez dan Rafael Mijares Alcreca.

Sebelumnya, stadion ini memiliki kapasitas penonton hingga 107.494. Tetapi seiring berjalannya waktu, pemerintah Meksiko terus melakukan perubahan dan mengembangkan stadion ini untuk menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.

9. Stadion Borg El Arab, Mesir

Di posisi terakhir ada Stadion Borg El Arab. Stadion ini juga merupakan stadion terbesar kedua di benua Afrika dengan kapasitas kursi yang dapat menampung penonton hingga 86.000.

Tak hanya itu, Stadion Borg El Arab juga menyediakan hotel yang dapat menampung 200 tamu dengan beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung, seperti gym dan kolam renang.

Stadion ini juga memiliki jalur lari di sekitar lapangan yang umumnya digunakan untuk acara atletik di musim panas

Selain menjadi markas tim nasional Mesir, stadion ini juga digunakan sebagai lokasi pembukaan Piala Dunia U-20 pada tahun 2009 dan menjadi bukti kemenangan Mesir dengan skor 4-1 dari tamunya Tobago dan Trinidad dalam pertandingan pembuka.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai stadion dan gambar lapangan sepakbola terbesar di dunia.