Cara Mengobati Cantengan dengan Jahe, Ternyata Tidak Terbukti

Cara mengobati cantengan dengan jahe. Mungkin kamu pernah mendengar beberapa penanganan cantengan baik itu pada kaki maupun pada jari tangan. Beberapa informasi yang tersebar, banyak yang mengatakan salah satu penangananya dengan menggunakan jahe.

Setelah ditelusuri, ternyata cara mengobati cantengan dengan jahe itu belum terbukti secara medis kebenaranya. Dari beberapa sumber kredibel seperti Kumparan dan Alodokter. Berikut ini beberapa ulasan mengenai cara mengobati cantengan dengan jahe dari kedua sumber tersebut.

Baca juga cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih.

Cara mengobati cantengan dengan jahe, apa benar ampuh?

Salah satu cara yang terkenal untuk mengobati cantengan adalah jahe. Ya, cara ini biasanya dilakukan dengan menempatkan jahe di atas kuku Cantengan, kemudian dibungkus dengan perban.
Tapi sebenarnya, apakah cara itu benar-benar dapat mengobati cantengan?

“Jahe memang memiliki sifat antibakteri. Tapi sampai saat ini belum ada pengobatan standar infeksi yang membuktikan terkait hal ini, apalagi jika cantengan diobati hanya dengan jahe saja,” kata dokter yang praktek di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta.

Dari sisi medis, belum ada bukti yang bisa mengkonfirmasi bahwa jahe dapat mengobati cantengan. Sementara itu, menurut dr. Heru, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kuku cantengan.

Ketika kamu mengalami tanda-tanda gejala paronychia atau cantengan, cobalah merendam tangan atau kaki yang mengalami masalah tersebut di air hangat hangat 2-3 kali sehari.

Hal ini membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
Tapi jika tidak membaik, dr. Heru juga merekomendasikan untuk segera membawanya ke dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Oleh karena itu, kondisi ini hanya dapat diobati dengan antibiotik yang hanya bisa ditebus dengan resep.

Sedikit informasi, cantengan adalah kondisi dimana ujung jari menjadi bengkak, nyeri, dan kemerahan, karena sisi pertumbuhan kuku yang menjorok ke dalam melukai kulit.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam kulit, salah satu awalnya bisa saja karena sering memakai kaus kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi potongan di sisinya, ataupun karena luka.

Nah, jika kamu pernah mendengar salah satu cara cantengan dengan jahe, ternyata hal ini belum terbukti. Untuk memastikan lebih lanjut, maka dianjurkan untuk berobat ke dokter, sehingga pengobatan yang tepat dapat dilakukan, sehingga masalah ini dapat diatasi dan proses penyembuhan bisa dilakukan segera.

Tips untuk mengatasi cantengan. Pertama, tidak memotong kuku melengkung atau mengikuti kelengkungan ujung jari, sebaiknya kuku dipotong lurus, tidak memotong kuku terlalu pendek, tidak memotong kulit yang telah mengeras atau kulit mati di sekitar kuku, penggunaan kaus kaki atau sepatu yang nyaman dan sempit sehingga tidak menekan jari-jari kaki kamu.

Nah, jadi cara mengobati cantengan dengan jahe ternyata tidak terbukti secara medis. Jika sudah kronis atau mengeluarkan nanah, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga manfaat jahe untuk kesehatan

Penyebab terjadinya cantengan

Pernahkah kamu melihat sela-sela kuku tiba-tiba membengkak dan memerah? Dan disertai rasa sakit di bagian tersebut.

Jika kamu menemukan kondisi seperti itu, kemungkinan kamu mengalami masalah kuku cantengan. Dalam bahasa medis, penyakit ini dikenal sebagai paronychia.

Kuku cantengan adalah peradangan dan rasa sakit yang terjadi di sekitar kuku. Biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau jamur.

“Penyebab (cantengan) dapat didahului oleh cedera atau luka, jadi hal itu bisa menjadi awal masuknya infeksi bakteri atau jamur,” menurut dokter kulit dan kelamin, dr. Heru Nugroho, Sp. KK.

Bukan hanya karena infeksi cedera dan jamur, kondisi ini juga bisa disebabkan ketika kamu tidak memakai alas kaki dengan ukuran yang tepat. Bila kamu memiliki masalah ini, kamu dapat mengatasinya dengan melakukan berbagai cara. Mungkin pertolongan pertama yang biasanya diambil oleh orang yang mengalami masalah ini adalah memotong kukuhnya.

Namun pernahkah mendengar mengenai cara mengobati cantengan dengan jahe? Apakah itu benar terbukti ampuh?