Apa Hikmah dan Manfaat Menuntut Ilmu Jelaskan

Apa hikmah dan manfaat menuntut ilmu jelaska? Nah kali ini kita membahas penjelasan ini lebih lanjut. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan peribahasa tuntut lah ilmu hingga negeri China. Pribahasa ini menjelaskan jika menuntut ilmu itu tidak mengenal seberapa lama dan seberapa jauhnya kamu sudah melakukannya.

Maka kita pun dituntut untuk menuntut ilmu selama kita hidup atau sepanjang usia kita tersebut. Lantas apa saja hikmah dan manfaat menuntut ilmu?

4 Hikmah dan manfaat menuntut ilmu

  1. Membuat pribadi yang cerdas dalam membedakan sesuatu hal yang benar dan salah
  2. Menjadi modal utama dalam mewujudkan cita-cita hidup
  3. Menjadi lebih siap dalam memecahkan masalah dan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan
  4. Lebih dekat dengan Tuhan karena agama adalah sumber ilmu dalam menjalani kehidupan dan sebagai makhluk Tuhan

Anjuran menuntut ilmu sendiri sudah didukung oleh pemerintah. Mencari ilmu adalah kewajiban bagi semua warga negara. Pemerintah sendiri telah menerapkan pendidikan wajib belajar sembilan tahun bagi semua warga negara Indonesia. Dengan langkah ini, pemerintah berharap bisa mendidik anak bangsa, menangani masalah buta huruf dan meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia.

Sumber daya sendiri sangat penting bagi suatu negara karena hal itu merupakan faktor kunci atau agen perubahan yang mempengaruhi maju tidaknya sebuah negara.

Negara-negara dengan sumber daya manusia yang baik dapat berada jauh di depan negara lainnya. Terlepas sumber daya alam yang dimilikinya terbatas. Oleh karena itu, belajar adalah hal penting, meski tidak harus melalui sekolah-sekolah atau institusi pendidikan formal lainnya.

Hikmah menuntut ilmu dalam islam

Mencari ilmu dalam Islam merupakan kewajipan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali. Hal ini juga termasuk ibadah. Ada beberapa hikmah dan manfaat bagi orang-orang yang belajar, diantaranya:

  1. Mampu membedakan antara hal baik dan hal-hal yang dilarang oleh agama.
  2. Kesempatan untuk mendapatkan amal pahala karena dengan pengetahuan yang dimilikinya bisa berguna dengan cara mengajarkan kepada orang lain.
  3. Mampu menjalankan perintah Allah dengan ilmunya sehingga bisa menerapkan amar ma’ruf nahi mungkar.

Nah, itulah penjelasan apa hikmah dan manfaat menuntut ilmu jelaskan.