Siapa Pencipta Lagu Indonesia Raya? Ini Biografi Singkatnya

Siapa Pencipta Lagu Indonesia Raya? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan lagu Indonesia Raya, tapi tahukah kamu siapa penciptanya?

Kali ini kita akan membahas siapa pencipta lagu Indonesia Raya.

Pencipta lagu kebangsaan Indonesia ini adalah Wage Rudolf Soepratman atau yang dikenal dengan W.R Supratman

Biografi singkat Siapa pencipta lagu indonesia raya, W.R Supratman

Wage Rudolf Soepratman atau lebih sering disebut W. R. Soepratman lahir pada hari Jumat, 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Meski lahir di Somongari, W. R. Soepratman tidak tinggal di desa. Tiga bulan setelah kelahirannya, orang tuanya membawanya ke Jatinegara.

Sebagai seorang prajurit, ayahnya, sersan tentara KNIL segera mendaftarkan akte kelahiran anak mereka. Untuk kenyamanan, akte kelahiran W. R. Soepratman dilakukan di Jatinegara, sehingga banyak yang menulis W. R. Soepratman lahir di Jatinegara.

Pendidikan dan perjalanan hidup W. R. Soepratman

W. R. Soepratman memulai pendidikannya di Frobel School mulai dari pendidikan sekolah TK di Jakarta pada tahun 1907, saat ia berusia 4 tahun.

Setelah tinggal dengan kakaknya Ny. Rukiyem di Makassar, W. R. Soepratman melanjutkan pendidikannya di Tweede Inlandsche School dan selesai pada tahun 1917.

Pada tahun 1919, W. R. Soepratman lulus ujian Klein Ambtenaar Examen (KAE, ujian untuk calon pegawai rendahan). Setelah lulus KAE, ia melanjutkan pendidikannya ke Normaalschool (Sekolah Pelatihan Guru).

Karirnya di musik tidak terlepas dari peran saudara-W.M. Van Eldick, ia diberikan oleh Van Eldick biola ketika ulang tahun ke 17. Bersama dengan Van Eldik, ia mendirikan grup band jazz bernama Black dan White.

W. R. Soepratman bermusik dan membuat lagu-lagu patriotik, salah satunya ditunjuk sebagai lagu kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya.

Ketika pergi dari Makassar ke Bandung, ia memulai karir jurnalistiknya sebagai reporter untuk Kaoem Moeda pada tahun 1924.

Setahun kemudian, ia pindah ke Jakarta dan menjadi wartawan koran Sin Po. Sejak itu, secara rutin ia menghadiri pertemuan organisasi pemuda dan pertemuan partai politik yang diadakan di Batavia.

Dalam Kongres Pemuda Kedua di tanggal 27-28 Oktober 1928, W.R Supratman terlibat. Ia memainkan lagu kebangsaan Indonesia dengan gesekan biolanya dengan iringan semua peserta kongres sebelum diputuskan dan dibacakan Kongres Pemuda, yang dikenal sebagai Sumpah pemuda.

Lanjut ke tahun 1933-1937 ia pindah dari Jakarta ke Cimahi, kemudian ke Pemalang. Hingga April 1937 ia dibawa oleh adiknya Ibu Rukiyem Supartiyah ke Surabaya akibat penyakit.

Pada tanggal 7 Agustus 1938, WR Supratman ditangkap oleh Belanda di studio Radio NIROM (Nederlandsch Indische Radio Omroep) di Jalan Embong Malang, Surabaya, karena lagu “Matahari Terbit” yaitu judul lagu yang dinyanyikan KBI di radio dan dianggap sebagai bentuk simpati untuk Kekaisaran Jepang. Kemudian ia dibebaskan setelah Belanda tidak memiliki bukti.

Kesehatannya memburuk, pada 17 Agustus 1938 (Rabu) W. R. Soepratman meninggal di Jalan Mangga Tambaksari Surabaya Nomor 21 karena masalah jantung yang dideritanya.

Nah, itulah sekilas tentang siapa pencipta lagu Indonesia Raya dan biografi singkat kehidupannya.